Minggu, Maret 15, 2009

Aktivitas Banda Aceh

Rumah Belajar Honobono membagi kegiatan dalam dua bidang besar yaitu pertama bidang minat bakat dan kreativitas dan kedua bidang pendidikan dan perpustakaan.

BIDANG MINAT BAKAT DAN KREATIVITAS

Kegiatan rutin Rumah belajar Honobono adalah mengajarkan kreasi kerajinan tangan. Saat ini kami mengajarkan kreasi kotak, kreasi flannel, kreasi kertas, kreasi sticker, kreasi tirai unik, dan kreasi baru yang kami sedang pelajari adalah membuat perhiasan dari manik-manik. Sistem yang diberlakukan di Rumah Belajar Honobono adalah kami membuka kesempatan pada siapa saja terutama anak dan remaja untuk belajar tanpa terikat waktu sehingga mereka dapat menggunakan waktu senggang mereka untuk kegiatan yang positif. Mereka dapat memilih kreasi yang diinginkannya dan kami akan mengajarkan secara gratis namun mereka harus membayar biaya bahan yang dihabiskan. Sejak berdirinya Rumah Belajar Honobono, kami telah melakukan beberapa kegiatan selain kegiatan rutin yaitu mengajarkan berbagai kreasi kerajinan tangan pada anak-anak. Kegiatan selain kegiatan rutin merupakan kegiatan yang tidak memungut biaya sama sekali. Kegiatan tersebut antara lain :

1.Kreasi Kotak ( Barak Lamnga-Aceh Besar, 14 Mei 2006 )

Program ini adalah program perdana Rumah Belajar Honobono setelah beraktivitas di bangunan baru. Program ini dilaksanakan di Barak Lamnga Aceh Besar yang merupakan korban tsunami. Diikuti oleh sekitar 30 anak yang kami bagi menjadi beberapa kelompok. Kreasi yang diajarkan adalah kreasi kotak yang hasilnya dapat mereka bawa pulang. Kegiatan ini mendapat sambutan yang sangat baik dari anak-anak tersebut.

2. Hari Anak Nasional ( Gedung AAC, 23 Juli 2006 )

Merupakan program kerjasama dengan SEFA dalam memperingati hari Anak Nasional. Pada kesempatan tersebut kami mengajarkan berbagai kreasi kerajinan tangan pada anak-anak yang berasal dari berbagai daerah di Banda Aceh dan Aceh Besar.









3. Unpludged Klasik (
Taman
Budaya, 20 Agustus 2006 )

Kegiatan ini adalah kegiatan kerjasama dengan mahasiswa Fakultas Kedokteran Univ. Syiah Kuala. Pada kesempatan ini kami membuka kesempatan pada peserta dan pengunjung untuk belajar berbagai kreasi kerajinan tangan. Selain itu kami juga membuka stand yang menjual berbagai kreasi hasil buatan rumah belajar honobono.




4. Mural Honobono ( 23 Agustus 2006, Rumah Belajar Honobono )







Kegiatan ini kita adakan dengan tujuan mengajak anak-anak untuk berkreasi dengan warna yang sebelumnya mereka telah di ajar cara menciptakan warna-warna baru dari warna dasar. Kegiatan ini di bagi dalam tiga kelompok-kelompok, TK, SD dan SLTP.


5. Ramadhan Ceria With HONOBONO

Ramadhan Ceria ini berlansung pada awal minggu ke 2 bulan puasa, dimana Honobono menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan mengisi waktu luang anak-anak sekolah di bulan puasa dengan aktivitas bermanfaat seperti kegiatan kreativitas dan kegiatan religius. Acara ini berlansung selama 1 minggu dimana pada hari pertama kita mengajak anak-anak membuat kreasi kotak dan card lebaran. Pada hari menjelang kmegiatan berakhir, kami mengadakan nonton bareng “menanti lailatul qadar”.





6. Program Hari Ibu

Program kali ini kita adakan hasil kerja sama antara yayasan local yang bergerak di bidang anak dan lembaga-lembaga lokal yang menangani anak aceh. Acara di adakan pada tanggal 24 Desember 2006 di lokasi bukit Suhartoe, Lamreh Krueng Raya ( Rumah Belajar Lamreh). Pada hari minggu itu kita telah mengadakan acara yang salah satunya Pentas Seni, Pameran Kreativitas Anak, Games keluarga, Persembahan untuk Ibu dan kegiatan-kegiatan lainnya.

7. Proudly Speaking with Honobono








Kegiatan ini di peruntukkan bagi anak usia sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama. Di kemas dalam satu paket kegiatan yang dilaksanakan selama 1 minggu

dari hari Minggu 11 Februari sampai 18 Februari 2007 dengan rangkaian kegiatan acara yang meliputi belajar mendongeng, membaca puisi, menyanyi, fashion show dan pementasan. Acara ini di di ikuti kurang lebih 30 anak SD. Anak-anak ini kita latih sesuai dengan jenis kegiatan yang mereka pilih selama 5 hari dan setiap anak-anak yang ikut dalam kegiatan ini di wajibkan untuk mengikuti fashion show. Tujuan kita mengadakan kegiatan ini agar anak memiliki rasa percaya diri dan berani dalam menampilkan kemampuan yang terdapat pada diri mereka.


MEBAE-EHONDOU HONOBONO ( PERPUSTAKAAN DAN PENDIDIKAN )









Kegiatan yang tergolong baru di Rumah Belajar Honobono adalah yang berkaitan dengan perpustakaan dan pendidikan. Pustaka ini merupakan sumbangan dari AAA ( Anak Aceh Assistant ) Osaka Jepang yang rampung pada bulan Juli 2006. Meskipun fisik bangunan sudah selesai namun kegiatan perpustakaan belum berjalan sebagaimana mestinya, hal ini disebabkan masih kurangnya jumlah buku, fasilitas dan SDM yang kami miliki. Kegiatan hanya berkisar pada penyediaan buku dan ruang baca yang dapat diakses gratis namun hanya dapat dibaca di tempat. Keinginan kami dalam waktu dekat ini kami bisa membuka system keanggotaan dengan kemudahan meminjam buku untuk dibawa pulang, mengadakan kerjasama dengan jaringan perpustakaan lainnya sehingga dapat dilakukan rotasi buku, dan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan perpustakaan.





Tidak ada komentar: